PELATIHAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK SEKOLAH MINGGU BUDDHA MELALUI LOKA SHANTI CAMP DI VIHARA LOKA SHANTI KOTA MEDAN

  • Winja Kumari
  • Panir Selwen
  • Lisniasari Lisniasari
  • Ong Cin Siu
Keywords: Sekolah Minggu Buddha, Kemandirian Peserta Didik

Abstract

 Kemandirian perilaku (behaviour autonomy) merujuk kepada kemampuan seseorang dalam beraktivitas sebagai manifestasi dari berfungsinya kebebasan untuk berperilaku dan pengambilan keputusan. Pengembangan kemandirian perilaku tersebut dapat dikembangkan sejak dini dengan didampingi oleh guru Sekolah Minggu Buddha. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini kemudian dimaksudkan agar peserta didik Sekolah Minggu Buddha dapat mengembangkan kemandirian perilaku melalui kegiatan kemah (camp) yang dipraktikkan secara langsung di Vihara Loka Shanti dengan mengundang beberapa narasumber yang berkompeten. Berdasarkan hasil daripada pelaksanaan kegiatan tersebut, diketahui bahwa kemandirian peserta didik Sekolah Minggu Buddha Vihara Loka Shanti mengalami peningkatan yang ditunjukkan melalui bangun dan tidur tepat waktu, membersihkan kamar tidur, serta mampu menyelesaikan pekerjaan rumah (PR) secara mandiri.

References

Andrianto, S., & Wijoyo, H. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Peserta didik Berbasis Web di Sekolah Minggu Buddha Vihara Dharmaloka Pekanbaru. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 1(2), 83-90.

Fiske, John. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi, Edisi Ketiga. PT Raja Grafindo Jakarta.

Kementerian Agama Republik Indonesia. 2017. Kurikulum Sekolah Minggu Buddhis. Jakarta.

Mulyana, Dedi. 2011. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT Remaja Rosdakarya Bandung.

Pranata, J., & Wijoyo, H. (2020). Analisis Upaya Mengembangkan Kurikulum Sekolah Minggu Buddha (SMB) Taman Lumbini Tebango Lombok Utara. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 2, 778-786.

Semiawan, Conny dalam Langit Biru, Riaindriyanti. 2017. Kompetensi dan Standar Kompetensi Guru. https://riaindriyanti.wordpress.co.

Semiawan, Conny dalam Nadya Fadillah F. 2018. Pengembangan Model Desain Pelatihan Keterampilan Gurudalam Mengembangkan Soft Skill Peserta Didik SMK Bidang Keahlian Multimedia. https.//isnet.or.id.

Silberman, Mel. 2010. Cara Pelatihan dan Pembelajaran Aktif. Jakarta.

Wijoyo, H. (2020). Socialization Of The Accreditation Asessment System (SISPENA) Of The National Accreditation Board For Early Childhood Education (PAUD) And Non Formal Education (PNF) In Bengkalis, Riau Province. Jurnal Humanities Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 103-111.

Wijoyo, H. (2021). Persepsi Mahasiswa Tentang Aplikasi Chatting Signal. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 153-156.

Wijoyo, H. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di masa pandemi. Insan Cendekia Mandiri.

Wijoyo, H., & Akbar, I. R. (2021). Strategi Usaha Menengah Kecil Dan Mikro Bertahan Di Era Pandemi-19. Economics, Business and Management Science Journal, 1(1), 40-46.

Wijoyo, H., & Haudi, H. (2021, January). PENYULUHAN TEKNIK PEMASARAN KERUPUK RASA JENGKOL “DONG DONG SNACK” PEKANBARU. In PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 643-650).

Wijoyo, H., Cahyono, Y., Ariyanto, A., & Wongso, F. (2020). Digital economy dan pemasaran era new normal. Insan Cendekia Mandiri.

Wijoyo, H., Haudi, H., Ariyanto, A., Sunarsi, D., & Akbar, M. F. (2020). Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi peserta didik (Pengabdian Kepada Masyarakat Kerjasama Antar Kampus). IKRA-ITH ABDIMAS, 3(3), 169-175

Wijoyo, H., Limakrisna, N., & Suryanti, S. (2021). The effect of renewal privacy policy whatsapp to customer behavior. Insight Management Journal, 1(2), 26-31.

Wijoyo, Hadion and Akbar, Mada Faisal and Safii, Abdul Rahman and Prasada, Dodi and Yusuf, Ade and Sudarsono, Agus and Widiyant, W., The Effect of Tax Stimulus during the COVID-19 Pandemic in Improving the Performance of Taxpayers (May 27, 2021).

Published
2021-08-30
Section
Articles