PELATIHAN PEMBUATAN SABUN KECANTIKAN BERBAHAN BAKU MINYAK ZAITUN SEBAGAI PELUANG USAHA DI MASA PANDEMI PADA ORGANISASI WANITA BUDDHIS TAMIL KOTA MEDAN, SUMATERA UTARA

  • Panir Selwen
  • Winja Kumari
  • Lamirin Lamirin
  • Lusy Susanti
Keywords: sabun kecantikan, peluang usaha, pandemic covid-19

Abstract

Tujuan utama daripada kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberdayakan Organisasi Wanita Buddhis Tamil kota Medan. Pemberian penyuluhan dan pelatihan secara langsung mengenai proses pembuatan sabun alami berbahan dasar minyak zaitun pada akhirnya diharapkan dapat membuka peluang usaha untuk meningkatan pendapatan rumah tangga. Cara atau metode yang digunakan untuk memberikan pelatihan, yakni melalui ceramah, diskusi dan praktik atau demonstrasi. Hasilnya, Organisasi Wanita Buddhis Tamil kota Medan telah mampu membuat sabun kecantikan alami berbahan dasar minyak zaitun secara pribadi (perorangan) maupun berkelompok secara mandiri, sehingga setiap orang mempunyai peluang usaha di masa pandemi.

Beragam produk perawatan tubuh dapat diterima dengan mudah. Namun masyarakat masa kini sudah mulai menyadari pentingnya gaya hidup yang sehat dengan meminimalisasi penyerapan kandungan kimia ke dalam tubuh. Bisnis sabun handmade atau rumahan kemudian dapat menjadi salah satu opsi yang menarik bagi pengguna produk pembersih alami dan tanpa bahan kimia berbahaya. Di samping itu, bisnis sabun handmade ini dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan.

Published
2021-08-30
Section
Articles