PELATIHAN MENJADI PRIBADI BERKARAKTER BAGI PESERTA DIDIK SEKOLAH MINGGU BUDDHA MELALUI LOKA SHANTI CAMP

  • Winja Kumari STAB Bodhi Dharma
  • Panir Selwen STAB Bodhi Dharma
  • Lamirin Lamirin STAB Bodhi Dharma
  • Salwe Rajen STAB Bodhi Dharma
Keywords: Sekolah Minggu Buddha, Menjadi Pribadi Berkarakter

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah Pembentukan pribadi berkarakter bagi anak-anak. Pribadi berkarakter merupakan hasil dari pendidikan secara umum yaitu kebiasaan baik, etika dan budaya yang diterapkan dalam keluarga yang diperoleh secara non formal yang terjadi dimasyarakat maupun pendidikan secara formal yang berlangsung di sekolah-sekolah dalam bentuk pelatihan-pelatihan, kerja bakti, kursus. Salah satu bentuk pendidikan non formal yang menunjang pendidikan keagamaan di Indonesia adalah Sekolah Minggu Buddha. Sekolah minggu Buddha dapat berperan dalam pembentukan karakter peserta didiknya. Pembentukan karakter ini dapat diterapkan dengan berbagai metoda. Salah satu yang dilakukan Sekolah Minggu Buddha Loka Shanti dengan melaksanakan Program Pelatihan melalui kegiatan kemah (camp). Pelatihan yang ditujukan kepada peserta didik Sekolah Minggu Buddha Loka Shanti dilakukan oleh Tim Pengambdian Kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Agama Buddha Bodhi Dharma dengan didampingi oleh guru Sekolah Minggu Buddha. Pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan dimaksudkan agar peserta didik Sekolah Minggu Buddha dapat memiliki kepribadian yang berkarakter sesuai indikator diatas melalui kegiatan kemah (camp) yaitu Loka Shanti Camp II. Berdasarkan hasil daripada pelaksanaan kegiatan tersebut, diketahui bahwa karakter peserta didik Sekolah Minggu Buddha Vihara Loka Shanti mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari kemandirian mereka saat di camp, disiplin dan komit dengan segala kegiatan yang dilaksanakan, menghargai hak orang lain, mematuhi aturan yang ditetapkan saat pelatihan.

References

Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(02), 67-78.
Kumari, W., & Lisniasari, L. (2021). Pelaksanaan Pendidikan Agama Buddha Pada Sekolah Dasar. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 5(3), 86-91.
Kumari, W., Selwen, P., Lisniasari, L., & Siu, O. C. (2021). Pelatihan Kemandirian Peserta Didik Sekolah Minggu Buddha Melalui Loka Shanti Camp Di Vihara Loka Shanti Kota Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bodhi Dharma, 1(1), 1-10.
Lamirin, L., Wijoyo, H., & Sutawan, K. (2021). ANALISIS PEMASARAN DIGITAL DAN PERKEMBANGAN MENTAL DI PROVINSI RIAU. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(3), 227-231.
Lim, H., Rinaldi, F., Hosea, E., Wijaya, R., Sitohang, J., & Awie, H. (2021). Dharmaduta Unggul di Masa Pandemi Covid-19. Insan Cendekia Mandiri.
Lisniasari, L., Ismoyo, T., Putri, A. S., Saputra, D. N., & Nyana, D. (2022). Fasting in the Perspective of Buddhism. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 5(3).
Lisniasari, L., Susanto, S., Nuriani, N., & Widiyanto, W. (2022). Pelatihan Mengajar Dengan Metode Role Play Berbasis Psikodrama Kepada Tenaga Pendidik Sekolah Dasar Swasta Pelopor Duri. IKRA-ITH ABDIMAS, 5(1), 61-65.
Mariani, M., Chuanqiu, H., Sedam, M. M. M., Yadnyawati, I. A. G., Pratiwi, N. P. A., Dewi, K. S., ... & Anggreni, P. (2021). Achieving Strategy and Inspiring in the New Normal Era.
Sani, R. A., & Kadri, M. (2016). Pendidikan Karakter: Mengembangkan Karakter Anak yang Islami. Bumi Aksara.
Selwen, P., Kumari, W., Lamirin, L., & Susanti, L. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN SABUN KECANTIKAN BERBAHAN BAKU MINYAK ZAITUN SEBAGAI PELUANG USAHA DI MASA PANDEMI PADA ORGANISASI WANITA BUDDHIS TAMIL KOTA MEDAN, SUMATERA UTARA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bodhi Dharma, 1(1), 11-20.
Selwen, P., Lisniasari, L., & Rahena, S. (2021). PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING MAHASISWA. Jurnal Pendidikan Buddha dan Isu Sosial Kontemporer (JPBISK), 3(2), 63-69.
Styowati, A. (2020, Juni 26). Guru dan Tantangan Pendidikan Karakter. KOMPAS
Sutarman, M., & Asih. (2016). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini, Filosofi, Konsep, Prinsip, dan Aplikasi. Bandung: Pustaka Setia
Wijoyo, H., & Haudi, H. (2021, January). PENYULUHAN TEKNIK PEMASARAN KERUPUK RASA JENGKOL “DONG DONG SNACK” PEKANBARU. In PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 643-650).
Wijoyo, H., Suherman, S., & Khiong, K. (2022). SERVICE QUALITY PANDITA LOKAPALASRAYA AND DHARMADUTA INDONESIAN BUDDHIAN ASSEMBLY. EARR (Educational Administration Research and Review), 6(1).
Published
2022-08-31
Section
Articles