MODEL PENDIDIKAN UPACARA PUJA BAKTI DAN KEMATIAN MAHAYANA BERBASIS BLENDED LEARNING BAGI PANDITA UPACARIKA

  • Juli Juli STAB Bodhi Dharma Medan
  • Lamirin Lamirin STAB Bodhi Dharma Medan
Keywords: modul ritual Mahayana; blended learning; pandita upacarika

Abstract

Penelitian ini bertujuan merancang, membuat dan mengembangkan modul pendidikan upacara puja bakti umum dan kematian tradisi Mahayana menggunakan pendekatan blended learning untuk mempermudah pengajaran jarak jauh, serta menguji kemenarikan, kemudahan penggunaan dan efektivitas produk, karena masih banyak umat Buddha, yang masih mempercayai dan mencampuradukkan mitos, tradisi dan kepercayaan turun temurun dalam ritual keagamaan, kurangnya pemahaman terhadap agama Buddha Mahayana, serta senantiasa diliputi oleh ketakutan dan kecemasan. Pelaksanaan kegiatan penelitian menggunakan metode kualitatif terhadap modul dengan menggunakan model Lee dan Owens yang dilaksanakan melalui tahap dan metode kuantitatif terhadap pengujian modul melalui angket terbuka dan tertutup dalam pre-test, post-test dan sikap peserta, serta wawancara dan dokumentasi untuk melengkapi proses pengumpulan data, yakni metode penelitian campuran (mix methods). Hasil penelitian terhadap umat Buddha, termasuk pandita upacarika dengan rentang usia 25-60 tahun yang sehat secara fisik dan mental menyatakan bahwa telah terjadi perubahan pemahaman mengenai upacara puja bakti umum dan kematian tradisi Mahayana berdasarkan hasil pre-test yang menunjukkan nilai rata-rata sebesar 54 dan 56 setelah proses pembelajaran, post-test dengan nilai rata-rata 89 dan 92, serta sikap peserta yang senang sebesar 64% dan menyatakan tidak mengalami kesulitan sebesar 40% untuk memahami modul pendidikan upacara puja bakti dan kematian tradisi Mahayana berbasis blended learning.

References

Abdullah, A.Fatikhul Amin. 2018. Ritual Agama Islam di Indonesia dalam Bingkai Budaya. Seminar Nasional Islam Moderat UNWAHA Jombang, 13 Juli 2018 ISSN : 2622-9994 (Hlm. 1-11). Jakarta: Universitas Indonesia.
Andrianto, S., & Wijoyo, H. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Siswa Berbasis Web di Sekolah Minggu Buddha Vihara Dharmaloka Pekanbaru. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 1(2), 83-90.
Dhammananda, Sri. 2002. What Buddhist Believe. Alih Bahasa oleh Ida Kurniati. Keyakinan Umat Buddha. Jakarta: Yayasan Penerbit Karaniya.
Etika, W. (2019). Manfaat Etika dalam Berwirausaha menurut Pandangan Buddhis. Jurnal Ilmu Agama Dan Pendidikan Agama Buddha, 1(1).
Kacyzynski dan Leigh Wood. 2005. Evaluation of Blended Learning: Analysis of Qualitative Data.
Khoiroh, Ni’matul, Munoto dan Anifah, Lilik. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Volume 10, Nomor 2, September 2017 (Hlm. 97-110). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Lee, W.W. dan Owen, D.L. 2004. Multimedia-based Instructional Design: Computer - Based Training, Web-Based Training, Distance Broadcast Training, Performance-Based Solutions. USA: John Wiley and Son, Inc.
Manafe, Yermia Djefri. Komunikasi Ritual pada Budaya Bertani Atoni Pah Meto di Timor Tenggara Timur. Jurnal Komunikasi, Volume 1, Nomor 3, Juli 2011 (Hlm. 287-298). Universitas Nusa Cendana Kupang dan Kandidat Doktor Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran Bandung.
Ming, Kuan. 2011. Buddha dan Bodhisattva dalam Agama Buddha Tionghoa.
Mukti, Krishnanda Wijaya. 2006. Wacana Buddha Dharma. Jakarta: Yayasan Dharma Pembangunan.
Perbowosari, H., Hadion Wijoyo, S. E., SH, S., MH, M., & Setyaningsih, S. A. (2020). Pengantar Psikologi Pendidikan. Penerbit Qiara Media.
Pranata, J., Wijoyo, H., & Surya, J. (2021). Akulturasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Mengawe Dalam Agama Buddha. Jurnal Maitreyawira, 2(1), 58-64.
Sanjivaputta, J. Tanpa tahun. Menguak Misteri Kematian. Jakarta: LPD Publisher, Dharma Pembangunan.
Sulaiman. 2011. Pengembangan Bahan Ajar Teknologi Pikiran Bertopik, Hipnosis, Meditasi dan Dzikir dengan Menggunakan Pendekatan Accelerated Learning.
Wijaya, Hendra. 2018. Sutra Surangama. Karma Samten.
Wijoyo, H. (2019). Peranan Lohicca Sutta Dalam Peningkatan Pendidikan Karakter Dosen Di STMIK Dharmapala Riau. JGK (Jurnal Guru Kita), 3(4), 315-322.
Wijoyo, H., & Nyanasuryanadi, P. (2020). Analisis Efektifitas Penerapan Kurikulum Pendidikan Sekolah Minggu Buddha Di Masa Pandemi COVID-19. JP3M: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 166-174.
Wijoyo, H., & Nyanasuryanadi, P. (2020). Etika Wirausaha Dalam Agama Buddha. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 11(2).
WIJOYO, H., Handoko, A. L., Santamoko, R., & Yonata, H. (2020, October). Peran Agama Dalam Menangkal Cyber Bullying di Kalangan Siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru. In Seminar Nasional Penalaran dan Penelitian Nusantara (Vol. 1, No. 1, pp. 35-45).
Yu, Lu Kuan. Vimalakirti Nirdesa Sutra (Wei Mo Jing). Tim Penerjemah. Jakarta: Penerbit Pustaka Suci Mahayana.
衍慈法師, 2002. 佛教儀規入門. Hongkong : 興亞印刷公司.
慧律法師, 1999. 臨終備覽. Kaoshiung; Taiwan : 鴻順彩色印刷製版公司
Published
2020-06-01
How to Cite
Juli, J., & Lamirin, L. (2020). MODEL PENDIDIKAN UPACARA PUJA BAKTI DAN KEMATIAN MAHAYANA BERBASIS BLENDED LEARNING BAGI PANDITA UPACARIKA. JURNAL PENDIDIKAN BUDDHA DAN ISU SOSIAL KONTEMPORER (JPBISK), 2(1), 1-8. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v2i1.14
Section
Articles