PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN (PUZZLE) PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA SISWA LOWER PRIMARY SEKOLAH SPK KINDERFIELD SCHOOL DUREN SAWIT DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI KELAHIRAN PANGERAN SIDHARTA GOUTAMA

  • Nyaman Nyaman STAB Maha Prajna Jakarta
Keywords: Kajian, Media, Penerapan, Puzzle

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fakta berdasarkan hasil prasurvey pada SDS Kinderfild School Duren Sawit, bahwa pembelajaran yang dilakukan pendidik kurang mengembangkan metode pembelajaran dengan media puzzle pada Pendidikan Agama Buddha sehingga siswa kurang bersemangat dalam proses pembelajaran. Sementara itu Peneliti amati bahwa pendidik di era saaat ini sudah sangat beragam kreativitasnya. Peneliti menambahkan salah satu media pendidikan dengan mengunakan puzzle untuk meningkatkan kreatifitas dan semangat siswa dalam proses pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan media (Puzzle) dalam pembelajaran pendidikan Agama Buddha siswa lower primary kinderfield school Durensawit dalam meningkatkan minat belajar siswa. Alat pengumpul data, meliputi: observasi, test, dan dokumentasi. Dalam pelaksanaan tindakan, ditetapkan siklus I, siklus II, siklus III. yang meliputi tahapan 1). Investigasi model pembelajaran, 2). Perencanaan model pembelajaran, 3). Realisasi dengan melaksanakan dua kali ujicoba dan beberapa test, Validasi, Evaluasi dan Validasi. Dari keempat siklus tersebut mendapatkan hasil buku model puzzle, buku siswa, LKS, RPP dan THB dinyatan valid, praktis dan efektif dengan tanggapan siswa positif dengan rata-rata 93.50% dan daya serap mencapai 94.05 sampai 100%.

References

Andrianto, S., & Wijoyo, H. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Siswa Berbasis Web di Sekolah Minggu Buddha Vihara Dharmaloka Pekanbaru. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 1(2), 83-90.
Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Konseptual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azizy, Al. 2010. Ragam Latihan Khusus Asah Ketajaman Otak Anak Plus Melejitkan Ingatannya.
Babayemi, Joshua Olajiire. 2014. Effects of Crossword-Picture Puzzle Teaching Strategy and Gender on Student’s Attitude to Basic Science. The International Journal of Science and Technoledge. Vol. 2, No. 6.
Djaka, P. Tanpa tahun. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surakarta: Pustaka Mandiri.
Etika, W. (2019). Manfaat Etika dalam Berwirausaha menurut Pandangan Buddhis. Jurnal Ilmu Agama Dan Pendidikan Agama Buddha, 1(1).
Fadhli, Aulia. 2010. Koleksi Games Seru & Kreatif untuk Meningkatkan IQ dan ESQ Anak. Yogyakarta: Pustaka Marwa.
Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-pokok Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hildebrand, Verna. 1986. Introduction to Early Childhood Education 4th. New York: Mac Millan Publishing Co.
Jalaluddin, Rahmat. 1999. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Jamil, Sya’ban. 2012. 56 Games untuk Keluarga. Jakarta: Republika.
Kountur, Ronny. 2005. Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: PPM.
Kustandi, Cecep dan Sutjipto, Bambang. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kusuma. 1987. Psikodiagnostik. Yogyakarta: SGPLB Negeri Yogyakarta.
Latuheru, J.D. 1988. Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Masa Kini. Jakarta: Depdikbud.
Moeslichatoen, R. 1999. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Orawiwatnakul, Wiwat. 2013. Crossword Puzzles as a Learning Tool for Vocabulary Development. Electronic Journal of Research in Educational Psychology. Vol. 11, No. 30.
Perbowosari, H., Hadion Wijoyo, S. E., SH, S., MH, M., & Setyaningsih, S. A. (2020). Pengantar Psikologi Pendidikan. Penerbit Qiara Media.
Pranata, J., Wijoyo, H., & Surya, J. (2021). Akulturasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Mengawe Dalam Agama Buddha. Jurnal Maitreyawira, 2(1), 58-64.
Rahmanelli. 2007. Efektivitas Pemberian Tugas Media Puzzle dalam Pembelajaran Geografi Regional. Jurnal Pelangi Pendidikan, 2 (1), hlm. 23-30.
Rokhmat, Joni. 2006. Pengembangan Taman Edukatif Berbasis Permainan untuk Permainan di TK dan SD. Jurnal Dinamika Pendidikan, 2 (1), hlm. 45-52.
Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Pers.
Slavin, Robert E. 2009. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik Edisi ke 8 Jilid 2. Jakarta: Indeks.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparno, Paul. 2006. Filsafat Konstruktivisme. Jakarta: Kanisius.
Suprihatiningrum, Jamil. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Wijoyo, H. (2019). Peranan Lohicca Sutta Dalam Peningkatan Pendidikan Karakter Dosen Di STMIK Dharmapala Riau. JGK (Jurnal Guru Kita), 3(4), 315-322.
Wijoyo, H., & Nyanasuryanadi, P. (2020). Analisis Efektifitas Penerapan Kurikulum Pendidikan Sekolah Minggu Buddha Di Masa Pandemi COVID-19. JP3M: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 166-174.
Wijoyo, H., & Nyanasuryanadi, P. (2020). Etika Wirausaha Dalam Agama Buddha. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 11(2).
WIJOYO, H., Handoko, A. L., Santamoko, R., & Yonata, H. (2020, October). Peran Agama Dalam Menangkal Cyber Bullying di Kalangan Siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru. In Seminar Nasional Penalaran dan Penelitian Nusantara (Vol. 1, No. 1, pp. 35-45).
Published
2020-06-01
How to Cite
Nyaman, N. (2020). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN (PUZZLE) PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA SISWA LOWER PRIMARY SEKOLAH SPK KINDERFIELD SCHOOL DUREN SAWIT DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI KELAHIRAN PANGERAN SIDHARTA GOUTAMA. JURNAL PENDIDIKAN BUDDHA DAN ISU SOSIAL KONTEMPORER (JPBISK), 2(1), 32-46. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v2i1.17
Section
Articles