IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI KELAS VI SEKOLAH DASAR

  • Nuriani Nuriani STAB Bodhi Dharma
Keywords: Implementasi pembelajaran daring, Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti, Sekolah Dasar.

Abstract

Implementasi pembelajaran yang tepat merupakan faktor penting yang menentukan kelancaran proses pembelajaran dan ketercapaian hasil belajar. Pada penelitian ini, penulis melakukan penelitian kualitatif deskriptif di Sekolah Dasar Swasta Buddhis Bodhicitta Medan dengan objek penelitian implementasi pembelajaran daring pada pembelajaran pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti kelas VI SD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari wawancara, observasi, dan dokumentasi, diperoleh hasil bahwa implementasi pembelajaran daring pada pembelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti kelas VI SD Tahun Pelajaran 2021/2022 di SDS Buddhis Bodhicitta Medan adalah dengan aplikasi whatsapp grup, google classroom, zoom meeting, google form, microsoft office, youtube, dan google drive. Kendala yang muncul dalam proses pembelajaran daring adalah masalah jaringan internet, masalah keterampilan menggunakan teknologi informasi, masalah kuota internet, masalah pendampingan wali peserta didik, dan masalah keterbatasan gadget, laptop, atau telepon genggam. Untuk mengatasi kendala tersebut SDS Buddhis Bodhicitta memilih beberapa provider yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan internet dalam pembelajaran, memberikan pelatihan IT untuk semua pendidik, memberikan bantuan kuota internet untuk peserta didik, serta menyediakan laboratorium komputer untuk kegiatan pembelajaran daring bagi pendidik maupun peserta. Keunggulan pembelajaran daring mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti di SDS Buddhis Bodhicitta adalah kemudahan mengakses materi pembelajaran, tempat belajar yang fleksibel, efisiensi biaya, waktu belajar yang fleksibel, menambah wawasan peserta didik, meningkatkan keterampilan peserta didik dalam memanfaatkan teknologi informasi, serta melatih kemandirian peserta didik.

References

Diana, D., Lamirin, L., & Siu, O. C. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa yang Beragama Buddha pada Masa Covid-19 di Sekolah Dasar Maitreyawira Kelas VI Tahun 2020/2021. Prosiding Bodhi Dharma, 1(1), 1-9.
Hadion Wijoyo, S. E., SH, S., & MH, M. (2020). DASAR-DASAR PENDIDIKAN. Insan Cendekia Mandiri.
Hartono, W. J., Wijoyo, H., Wongso, F., Khoiri, A., Sunarsi, D., Kusjono, G., & Sobarna, A. (2021). Students’ Perceptions of Student Council Activity in New Normal Era at Junior High School. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, Series Volume, (534).
Indrawan, I., Wijoyo, H., Sutarna, A., & Usada, B. (2020). Manajemen Pendidikan Vokasi.
Juliansyah N. Metodologi Penelitian. 3rd ed. Jakarta: Kencana; 2013.
Lidia S, Janner S, S Acai d. E-Learning: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. 1st ed. Limbong T, editor. -: Yayasan Kita Menulis; 2019.
Nuriani, N., Siu, O. C., Kumari, W., & Limurty, C. (2021). Membangun Pola Asuh Dan Nilai-Nilai Agama Buddha Pada Keluarga Buddhis Di Vihara Maha Manggala. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bodhi Dharma, 1(1), 39-47.
Nuriani. Rahasia Hidup Bahagia di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Buddha dan Isu Sosial Kontemporer (JPBISK). 2021 Jun; 3(1).
Pengembang T. Pedoman Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti. 1st ed. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan; 2014.
Pusdiklat Kemdikbud. [Online].; 2020 [cited 2021 10 10. Available from: https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/.
Sobron A.N BR. Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Minat Belajar IPA. SCAFFOLDING: Pendidikan Islam dan Multikulturalisme. 2019 Dec; 1.
Suci, I. G. S., Sedana, G., Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Pengantar Sosiologi Pendidikan. Pasuruan: Qiara Media.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D Bandung: Elfabeta; 2007.
Wijoyo, H. (2021). Transformasi Digital Dari Berbagai Aspek. Solo: CV Insan Cendekia Mandiri.
Published
2022-06-30
How to Cite
Nuriani, N. (2022). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DAN BUDI PEKERTI KELAS VI SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN BUDDHA DAN ISU SOSIAL KONTEMPORER (JPBISK), 4(1), 40-46. https://doi.org/10.56325/jpbisk.v4i1.63
Section
Articles