KONSEP CARA BERKORBAN YANG BENAR DALAM AGAMA BUDDHA MENURUT KUTADANTA SUTTA

  • Boniran Boniran STAB Maha Prajna Jakarta
  • Hendra Hendra STAB Maha Prajna Jakarta
Keywords: Pengorbanan dalam Agama Buddha, Kutadanta Sutta

Abstract

Upacara kurban masih menjadi ritual tersendiri bagi penganut kepercayaan tertentu. Diyakini bahwa dengan berkorban seseorang menemukan jalan yang mudah di dunia ini dan setelah kematian. Dengan kata lain, upacara kurban dilakukan untuk mendapatkan pahala. Pahala yang berasal dari kurban adalah untuk diri sendiri atau untuk kerabat yang meninggal. Dalam upacara kurban ini, hewan kurban biasanya disembelih. Agama Buddha juga memiliki ajaran tentang pengorbanan dan pengorbanan yang baik. Menurut umat Buddha, pengorbanan bukanlah pengorbanan yang melibatkan pembunuhan dan perusakan ekosistem. Namun, masih banyak umat Buddha yang belum memahami konsep pengorbanan dan cara yang tepat. Dalam Kūṭadanta Sutta, Digha Nikāya memberikan penjelasan yang menarik tentang persembahan Buddhis (D.I.127). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu. memeriksa literatur untuk buku dan majalah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya yang berkecimpung dalam bidang agama Buddha dan pedagogi keagamaan, yang akan dikembangkan sebagai bahan ajar tentang agama Buddha dan pedagogi keagamaan secara teori dan praktik.

References

Aṅguttara Nikāya. (2012). The Numerical Discourses of the Buddha. Trans. Bhikkhu Bodhi. Boston: Wisdom Publication.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
Buddhis, B. (2019). Apakah Ritual Kurban Hewan Bermanfaat dan Berpahala? Berita Buddhis.
Dhammapada. (2007). The Buddha’s Path of Wisdom. Trans. Ācarya Buddharakkhita. Kandy, Buddhist Publication Society.
Dīgha Nikāya. (2012). The Long Discourses of the Buddha. Trans. Maurice Walshe. Boston: Wisdom Publications.
Malalasekera, G.P. (founder editor-in chief). 2011. Encyclopaedia of Buddhism. Vol. VII. Sri Lanka: Departement of Buddhist Affairs.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sukmadinata. (2017). Metode penelitian pendidikan (1). Bandung: Remaja Rosdakarya
Sutta, K. (2010). Kutadanta Sutta - Samaggi Phala.
Published
2022-12-31
How to Cite
Boniran, B., & Hendra, H. (2022). KONSEP CARA BERKORBAN YANG BENAR DALAM AGAMA BUDDHA MENURUT KUTADANTA SUTTA. JURNAL PENDIDIKAN BUDDHA DAN ISU SOSIAL KONTEMPORER (JPBISK), 4(2), 58-64. Retrieved from https://bodhidharma.e-journal.id/JS/article/view/77
Section
Articles