UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMBELAJARAN AGAMA BUDDHA

  • Panir Selwen STAB Bodhi Dharma
  • Lisniasari Lisniasari STAB Bodhi Dharma
  • Yudi Yudi STAB Bodhi Dharma
Keywords: Belajar, Upaya guru, Strategi pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat upaya apa saja yang sudah dilakukan guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran dan kendala apa yang dihadapi dalam pengembangan strategi pembelajaran di Wellington Intelligence National Plus School. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik Pengumpul data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi atau teknik lain didalam waktu serta situasi yang berbeda, bila hasil uji yang didapatkan masih belum sesuai maka akan dilakukan secara berulang-ulang sehingga sampai ditemukan kepastian datanya. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data (keranjang fakta), penyajian data (coding) dan penarik kesimpulan (verifikasi). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1) Upaya yang dilakukan oleh guru-guru Wellington Intelligence National Plus School dalam mengembangkan strategi pembelajaran Agama Buddha pada masa pandemi Covid-19, diantaranya adalah menggunakan media pembelajaran yang interaktif, seperti powerpoint, video pembelajaran, penjelasan diskusi dengan zoom meeting, webex meeting, google classroom, dan berbagai media pembelajaran lainnya. 2) Agar pembelajaran dapat dijalankan dengan maksimal, guru diwajibkan membuat pembelajaran secara bertahap.

Pada masa pandemi Covid-19, batasan waktu mengajar menjadi kendala bagi guru, para guru diharuskan menyelesaikan materi dengan waktu yang terbatas, jaringan yang tidak stabil juga menyebabkan pembelajaran jarak jauh tidak maksimal, kerja sama antara guru dan orang tua siswa sangat penting didalam menentukan keberhasilan pembelajaran jarak jauh. Guru harus membangun pendekatan kepada siswa. Dengan demikian, walaupun pembelajaran dilakukan secara online, guru dapat membangun hubungan terhadap siswa dan mereka tidak kehilangan panutan seorang guru.

References

Prihantini. (2020). Strategi Pembelajaran SD. Penerbit: PT Bumi Aksara, Jakarta Timur.
Siu, O. C., Lamirin, L., & Tantriana, U. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Buddha Melalui Model Pembelajaran Role Playing. Jurnal Pendidikan Buddha dan Isu Sosial Kontemporer (JPBISK), 3(2), 70-83.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Published
2023-01-06
How to Cite
Selwen, P., Lisniasari, L., & Yudi, Y. (2023). UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMBELAJARAN AGAMA BUDDHA. JURNAL PENDIDIKAN BUDDHA DAN ISU SOSIAL KONTEMPORER (JPBISK), 4(2), 65-74. Retrieved from https://bodhidharma.e-journal.id/JS/article/view/78
Section
Articles